Bercak Cokelat pada Daun Calathea, Ini Jamur dan Penyakit Pemi「Crown Betting Network」cunya

  • 时间:
  • 浏览:0

Ilustrasi taCrown Betting Networknaman Crown Betting Networkhias Calathea Peacock.

JAKARTA, KOMPAS.com - Calathea adalah salah satu tanaman hias daun populer sepanjang tahun 2020 lalu. Hingga kini pun masih Crown Betting NetworkBanyak penggemar tanaman calathea yang mengoleksinya sebagai bagian dari dekorasi rumah.

Adapun salah satu penyebab munculnya bercak cokelat pada daun calathea adalah penyakit dan jamur.

Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang dikenal sebagai Alternaria alternata. Calathea yang terinfeksi akan menunjukkan bintik-bintik kecil yang tampak seperti air. Mereka terlihat seperti lesi cokelat kemerahan di permukaan daun.

Bintik-bintik awalnya berwarna kuning tetapi kemudian berubah menjadi cokelat. Seiring waktu, bintik-bintik kecil bergabung bersama dan membuat tanda yang lebih besar pada daun.

Baca juga: 5 Penyebab Daun Calathea Keriting dan Solusinya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Daya tarik calathea terletak pada daunnya yang memiliki pola dan warna yang menakjubkan. Namun, dengan daun yang begitu indah, salah satu masalah yang pasti dapat mempengaruhi keindahannya adalah munculnya bintik-bintik cokelat.

Dilansir dari Garden for Indoor, Jumat (16/7/2021), berikut beberapa jamur dan penyakit yang memicu bercak cokelat pada daun tanaman calathea.

Disebabkan oleh jamur Drechslera setariae, penyakit bercak daun jenis ini menyebabkan daun mengalami luka basah kuyup.

Baca juga: Cara Merawat Calathea Velvet, Tanaman Hias yang Bakal Populer

Tanaman calathea yang terserang penyakit layu fusarium akan menunjukkan daun bagian bawah layu dan menguning.

Ini tidak hanya memengaruhi daun tetapi bahkan ranting calathea. Bintik-bintik akan terlihat seperti bercak yang mungkin berwarna hijau-abu-abu atau cokelat kehijauan.